Home Teknologi Samsung Rilis Exynos 2200, Prosesor dengan Kinerja Grafis Lebih Kuat

Samsung Rilis Exynos 2200, Prosesor dengan Kinerja Grafis Lebih Kuat

by Putra S
Samsung Rilis Exynos 2200, Prosesor dengan Kinerja Grafis Lebih Kuat

Logo Samsung. Foto: gadgetsndtv.com

JURNALBIREUEN – Samsung Electronics Co. meluncurkan prosesor aplikasi seluler baru dengan kinerja grafis yang diklaim lebih kuat, dalam langkah untuk meningkatkan kehadiran di pasar prosesor aplikasi seluler global.

Dikutip Yonhap, Rabu, 19 Januari 2022, Samsung mengatakan prosesor baru, Exynos 2200, dibangun di atas proses litografi ultraviolet ekstrim 4-nanometer paling canggih dan diberdayakan dengan unit pemrosesan grafis Xclipse yang dikembangkan bersama dengan Advanced Micro Devices Inc. (AMD) yang berbasis di Santa Clara, California.

Prosesor ini hadir dengan kemampuan visual dan kecerdasan buatan yang ditingkatkan, kata perusahaan itu, yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang sebelumnya hanya dapat dilakukan di PC, laptop, dan konsol.

Seri Galaxy S22 mendatang diharapkan menggunakan Exynos 2200. Prosesornya saat ini sedang dalam produksi massal, kata perusahaan tersebut.

Menurut pelacak industri Counterpoint Research, Samsung menempati peringkat kelima di pasar prosesor smartphone global dengan 5 persen pangsa pasar pada kuartal ketiga tahun lalu, turun dari 10 persen tahun sebelumnya. MediaTek Taiwan menduduki puncak daftar dengan 40 persen, diikuti oleh Qualcomm dengan 27 persen, Apple dengan 15 persen dan UNISOC dengan 10 persen.

“Dengan Xclipse, GPU seluler baru kami yang dibangun dengan teknologi grafis RDNA 2 dari pemimpin industri AMD, Exynos 2200 akan mendefinisikan kembali pengalaman bermain game seluler, dibantu oleh peningkatan grafis dan kinerja AI,” kata Park Yong-in selaku Presiden Sistem Samsung Bisnis LSI yang mengembangkan berbagai prosesor seluler.

“Selain menghadirkan pengalaman seluler terbaik kepada pengguna, Samsung akan melanjutkan upayanya untuk memimpin perjalanan dalam inovasi chip logika” kata dia.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di tempo.co.

Related Articles